Flowchart
√ Flowchart
adalah representasi grafik
dari langkah-langkah yang
harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang
terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol
merepresentasikan suatu kegiatan
tertentu.
√ Flowchart
diawali dengan penerimaan input,
pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output.
√ bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur
pemecahan masalah.
√ suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu
program
Simbol-simbol yang digunakan adalah sebagai berikut:
Simbol Flowchart
Flowchart terdiri dari 3 struktur:
1. Struktur Sequence / Sederhana
Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke
bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan.
Bentuk flowchart tersebut seperti:
Flowchart Sequence
Contoh dari flowchart dengan struktur sequence ini seperti
algoritma untuk menghitung luas segitiga, luas persegi panjang, luas lingkaran.
2. Struktur Branching / Percabangan
Diagram yg alurnya terjadi/terdapat alih kontrol berupa
percabangan.
Flowchart dengan stuktur percabangan digunakan untuk meyeleksi kondisi dan
menentukan pilihan proses selanjutnya.
Bentuk flowchart tersebut seperti :
Flowchart Branching
contoh : flowchart dari algoritma menentukan apakah bilangan
yang dimasukan ganjil atau genap
3. Struktur Looping / Perulangan
Flowchart dengan Struktur perulangan digunakan untuk
mengulangi langkah-langkah sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.
Bentuk flowchart tersebut seperti:
Flowchart Looping
Contoh dari flowchart ini misalnya algoritma untuk
menentukan bilangan ganjil dibawah nilai 20. Sehingga proses mencetak bilangan
tersebut akan dilakukan sampai kondisi terpenuhi yaitu 20.
Catatan:
Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada
satu diagram alur.
VARIABEL
Digunakan sebagai tempat untuk menyimpan nilai yang sejenis.
Terdiri dari nama dari variabel itu sendiri dan nilai yang disimpan.
Jenis variabel terbagi atas:
1. Variabel numerik –> berisi angka numerik / bilangan.
2. Variabel string –> berisi karakter / untaian karakter
Struktur Branching / Percabangan
1. Bersyarat
Diagram yang alurnya ada / banyak terjadi alih kontrol
berupa percabangan dan terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu kondisi
dengan dua pilihan BENAR/SALAH. Struktur
dari percabangan yang bersyarat terdiri dari:
- If Then
- If Then Else
- If Then Else If
- Case of
2. Tidak Bersyarat
Struktur : GO TO
http://yusriel.wordpress.com/2008/10/24/pertemuan-4-diagram-alur-flowchart/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar